Minggu, 11 Januari 2015

TUGAS SOFT SKILL (ISD)

² RIVIEW TENTANG AGAMA DAN MASYARAKAT
Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan, atau juga disebut dengan nama Dewa atau nama lainnya dengan ajaran kebhaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut.Kata “agama” berasal dari bahasa Sansekerta āgama yang berarti “tradisi”. Kata lain untuk menyatakan konsep ini adalah religi yang berasal dari bahasa Latin religio dan berakar pada kata kerja re-ligare yang berarti “mengikat kembali”. Maksudnya dengan ber-religi, seseorang mengikat dirinya kepada Tuhan.
Pengertian agama dalam berbagai bahasa adalah sebagai berikut: 
- Sansekerta, kata “agama” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “tradisi” atau “peraturan”;
- Latin, agama itu hubungan antara manusia dengan manusia super dan pengakuan serta pemuliaan kepada Tuhan;
- Eropa, agama itu sesuatu yang tidak dapat dicapai hanya dengan tenaga akal dan pendidikan saja. Agama itu kepercayaan kepada adanya kekuasan mengatur yang bersifat luar biasa, yang pencipta dan pengendali dunia, serta yang telah memberikan kodrat rohani kepada manusia yang berkelanjutan sampai sesudah manusia mati;
- Indonesia, agama itu hubungan manusia Yang Maha Suci yang dinyatakan dalam bentuk suci pula dan sikap hidup berdasarkan doktrin tertentu. Agama adalah sistem atau prinsip kepercayaan

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, kemudian lahir pemikiran-pemikiran yang berlandaskan pada pemikiran sekuler seperti pemikiran Max Weber yang mengatakan bahwa pada masyarakat modern agama akan lenyap karena pada masyarakat modern dikuasai oleh teknologi dan birokrasi. Tetapi pemikiran tersebut itu belum terbukti dalam kurun waktu terkhir ini. Sebagai contoh yang terjadi di negara-negara komunis seperti Rusia, RRC, Vietnam yang menerapkan penghapusan agama karena tidak sesuai dengan ideologi negara tersebut, tetapi beberapa orang berhasil mempertahankan agama tersebut, bahkan umat beragama semakin meningkat. Dengan mengirasionalkan agama bahwa agama adalah sesuatu yang salah dalam pemikiran, tetapi dengan sendirinya umat beragama dapat berpikir dan mengetahui apa yang dipikirkan mengenai agama. Sehingga umat beragama dapat memahami apa arti sebuah agama dam manfaatnya.



² PENGALAMAN POSITIF
Pengalaman positif yang saya alami adalah dimasjid dekat rumah saya pernah diadakan acara menghafal surat pendek di al-qur’an, semakin banyak kita menghafal surat-surat dalam  al-qur’an, semakin banyak pula sumbangan yang akan diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu. Sumbangan yang diberikan bermacam-macam, ada berupa uang dan ada yang berupa bahan pokok. Jadi kami semua yang berpartisipasi dalam acara ini banyak menghafal surat-surat pendek dalam al-qur’an untuk membantu masyarakat  yang kurang mampu. Itulah salah satu cara positif yang dilakukan untuk membantu sesama manusia. Dan agama mengajarkan kita untuk berbuat baik ke semua masyarakat tampa melihat perbedaan.


SUMBER :
http://eliana-hubunganagamadanmasyarakat.blogspot.com/

http://eprints.undip.ac.id/41803/2/BAB_IIRevisiakhir.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar